The Influence Of Family Role, Teacher Discipline, And School Environment On The Character Of Junior High School Students In Smp Negeri Satu Atap Noebaun, Oenino Subdistrict, South Central Timor Regency
DOI:
https://doi.org/10.59141/jrssem.v2i12.453Keywords:
Family, Teacher, School, CharacterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh peran keluarga, disiplin guru dan lingkungan sekolah terhadap karakter siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan. Dilihat dari jenis dan analisis datanya dikategorikan dalam penelitian kuantitatif. Dari perhitungan statistik dan analisis data dapat disimpulkan bahwa variabel peran keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap karakter siswa dimana hasil pengolahan data diketahui bahwa-statistik sebesar 1,968 yang lebih besar dari t-tabel sebesar 1,96. Dengan demikian hipotesis pertama dalam penelitian ini diterima, dan dapat disimpulkan bahwa peran keluarga berpengaruh terhadap karakter siswa. Variabel disiplin guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap karakter siswa yang menunjukkan dari hasil pengolahan data diketahui statistik 2. 561 yang lebih besar dari t-tabel 1,96. Dengan demikian hipotesis kedua dalam penelitian ini diterima. Variabel lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap karakter siswa. Diketahui hasil pengolahan data-statistik sebesar 2,248 yang lebih besar dari t-tabel sebesar 1,96. Dengan demikian hipotesis ketiga dalam penelitian ini diterima. Variabel peran keluarga, kedisiplinan guru, dan lingkungan sekolah berpengaruh secara simultan terhadap karakter siswa dilihat dari pengolahan data hasil perhitungan. Dengan demikian hipotesis ketiga dalam penelitian ini diterima. Variabel peran keluarga, kedisiplinan guru, dan lingkungan sekolah berpengaruh secara simultan terhadap karakter siswa dilihat dari pengolahan data hasil perhitungan. Dengan demikian hipotesis ketiga dalam penelitian ini diterima. Variabel peran keluarga, kedisiplinan guru, dan lingkungan sekolah berpengaruh secara simultan terhadap karakter siswa dilihat dari pengolahan data hasil perhitungan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Murianto Murianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.